Senin, 13 Mei 2024

Renungan hari ini: “TUHAN ADALAH PELINDUNG YANG SETIA BAGI UMAT-NYA” (Yeremia 15:20)

 Renungan hari ini:

 

“TUHAN ADALAH PELINDUNG YANG SETIA BAGI UMAT-NYA”



Yeremia 15:20 (TB2) "Terhadap bangsa ini Aku akan membuat engkau menjadi tembok berkubu dari tembaga. Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk menyelamatkan dan melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN" 

 

Jeremiah 15:20 (NET) "I will make you as strong as a wall to these people, a fortified wall of bronze. They will attack you, but they will not be able to overcome you. For I will be with you to rescue you and deliver you,” says the Lord"

 

Nas hari ini dapat menguatkan kita dalam iman dan keyakinan bahwa Tuhan adalah pelindung yang setia bagi umat-Nya. Ketika kita merasa terancam atau dihadapkan pada situasi sulit, firman ini mengajarkan bahwa Tuhan menjanjikan perlindungan yang kokoh bagi mereka yang percaya dan setia kepada-Nya.

 

Pertama-tama, kita diberitahu bahwa Tuhan akan membuat kita "tembok berkubu dari tembaga." Ini menunjukkan kekuatan dan ketahanan yang luar biasa. Seperti tembok berkubu yang kokoh, Tuhan melindungi kita dari serangan musuh yang ingin menghancurkan kita. Tidak peduli seberapa besar atau kuatnya ancaman yang kita hadapi, Tuhan menjanjikan kehadiran-Nya yang melindungi dan menguatkan kita.

 

Selanjutnya, Tuhan menyatakan bahwa walaupun musuh akan memerangi kita, mereka tidak akan mengalahkan kita. Meskipun kita mungkin menghadapi perjuangan dan pertempuran dalam kehidupan ini, Tuhan menjamin kemenangan bagi mereka yang bersandar pada-Nya. Ini adalah janji kekal bahwa ketika kita berdiri teguh di dalam-Nya, tidak ada yang dapat merobohkan kita.

 

Yang terpenting, Tuhan menegaskan bahwa Dia menyertainya untuk menyelamatkan dan melepaskan kita. Dia bukan hanya membiarkan kita berjuang sendiri, tetapi Dia hadir di tengah-tengah kita, membimbing, menguatkan, dan menyelamatkan kita dari setiap bahaya dan kesulitan. Kehadiran-Nya adalah jaminan bahwa kita tidak akan pernah ditinggalkan atau terlupakan.

 

Dari ayat ini, kita dipanggil untuk mempercayai Tuhan sepenuhnya dan menyadari bahwa Dia adalah perlindungan kita yang kokoh dan setia. Mari kita teguh berpegang pada janji-janji-Nya, bahkan ketika segala sesuatu terasa sulit. Tuhan selalu menyertai kita, siap untuk menyelamatkan dan membebaskan kita dari segala ancaman.

 

Apa yang hendak direnungkan dari nas hari ini? Dari nas ini, kita dapat merenungkan beberapa hal yang mendalam:

 

Pertama, kekuatan dalam Perlindungan Tuhan. Firman ini menggambarkan Tuhan sebagai "tembok berkubu dari tembaga" bagi umat-Nya. Ini menunjukkan bahwa ketika kita berada di dalam perlindungan-Nya, kita memiliki kekuatan yang tak tergoyahkan. Hal ini mengajarkan kita untuk bersandar sepenuhnya pada Tuhan dalam setiap situasi, karena kekuatan-Nya melampaui segala sesuatu.

 

Kedua, janji kemenangan dalam perjuangan. Meskipun kita mungkin dihadapkan pada pertempuran dan perjuangan dalam kehidupan, Tuhan menjanjikan bahwa musuh tidak akan mengalahkan kita. Ini bukanlah jaminan bahwa kita tidak akan menghadapi kesulitan, tetapi bahwa ketika kita bersama Tuhan, kita akan keluar sebagai pemenang dalam segala hal.

 

Ketiga, kehadiran dan kesetiaan Tuhan. Yang paling penting, firman ini menegaskan bahwa Tuhan menyertai kita dalam setiap langkah perjalanan kita. Dia tidak hanya menjadi "tembok berkubu" kita, tetapi juga teman setia yang selalu menyertai kita. Tuhan tidak meninggalkan kita sendirian dalam waktu kesulitan; Dia hadir untuk menyelamatkan dan membebaskan kita.

 

Keempat, panggilan untuk percaya dan berserah. Renungan dari ayat ini mengajak kita untuk meningkatkan iman dan keyakinan kita kepada Tuhan. Ketika kita dihadapkan pada tantangan dan cobaan, marilah kita mempercayai janji-janji-Nya yang setia. Bersandarlah sepenuhnya pada-Nya dan biarkan Dia menjadi kekuatan kita di tengah-tengah segala sesuatu. Karena itu, dengan merenungkan ayat ini, kita diingatkan akan kekuatan, perlindungan, dan kehadiran yang ada dalam hubungan kita dengan Tuhan. Mari kita hidup dalam keyakinan bahwa Dia adalah pelindung yang setia, siap untuk menyelamatkan dan membebaskan kita dalam segala situasi. (rsnh)

 

Selamat berkarya untuk TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Renungan hari ini: “KEADILAN TUHAN YANG AKAN DITEGAKKAN BAGI UMAT-NYA” (Yesaya 49:26)

  Renungan hari ini:   “KEADILAN TUHAN YANG AKAN DITEGAKKAN BAGI UMAT-NYA”   Yesaya 49:26 (TB2) "Aku akan membuat orang-orang yang meni...