Rabu, 10 Juni 2020

Renungan hari ini: TUHAN BERFIRMAN MAKA SEMUANYA ADA

Renungan hari ini:

TUHAN BERFIRMAN MAKA SEMUANYA ADA




Mazmur 33:9 (TB) "Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada"

Psalms 33:9 (NET) "For he spoke, and it came into existence, he issued the decree, and it stood firm”

Dunia dan segala yang ada di dalamnya diciptakan TUHAN melalui Firman. Kisah penciptaan alam semesta beserta isinya di awal Alkitab menjadi sebuah catatan penting mengenai hal ini. Salomo menggambarkan Tuhan sebagai sosok yang jauh lebih tinggi dari segala kepintaran dan kecerdasan bahkan kebijaksanaan manusia. "Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN" (Ams. 21:30). Dalam Yesaya kita bisa melihat lagi seperti ini: "Dengarkanlah Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, hai orang-orang yang Kujunjung sejak dari rahim. Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu" (Yes. 3-4) Tuhan adalah Bapa yang setia yang akan tetap mau menggendong, menanggung, memikul dan menyelamatkan kita sampai akhir hayat. "Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku"(Mzm. 9:9). Dan tentunya banyak lagi firman Tuhan yang mampu mengenalkan kita secara mendalam kepada siapa Tuhan sebenarnya.

Dengan pemahaman kita yang benar akan TUHAN maka kita akan semakin mengetahui dan menyadari bahwa kekuasaan Firman TUHAN atas segala sesuatu luar biasa. Karenanya kita harus setiap hari semakin mengenal lebih dalam akan Firman TUHAN dengan membaca, menggali dan merenungkan serta melakukannya dalam kehidupan sehar-hari. Mengenal pribadi Allah juga bisa kita peroleh lewat pengalaman kita berjalan bersama-sama dengan-Nya. Mengalami langsung kuasa Tuhan dengan penyertaan Firman-Nya dalam hidup kita. 

Saat kita membaca Firman TUHAN, maka TUHAN pun sedang berkarya dalam hidup kita. Semakin kita sering membaca Firman TUHAN maka semakin banyak yang TUHAN ciptakan untuk kita. Menurut penelitian, jika kita sedang membaca Firman TUHAN, maka tubuh kita sedang mengalami pemulihan. Jantung, hati, pikiran, dan bagian tubuh kita yang kurang sehat akan mengalami pemulihan saat kita membaca, merenungkan dan menghayati Firman TUHAN. Apalagi jika firman TUHAN itu kita amalkan maka TUHAN akan melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hidup kita.

Persoalannya sekarang adalah ada orang yang membaca Firman TUHAN pada pagi hari, namun pada siang hari mencaci maki, memfitnah, dan berkata yang kurang ajar kepada sesamanya. Lalu ketika malam membaca dan merenungkan Firman TUHAN. Sikap seperti ini adalah sikap yang kurang berkenan kepada TUHAN. Firman-Nya bukan sekedar lips service agar kita kelihatan seperti orang kudus dan berhikmat yang tahu Firman dan pembahasannya, tetapi tingkah laku kita seperti setan dan orang yang tak berakal budi, seperti orang yang tidak punya daya analisa serta daya pikir yang baik. Firman TUHAN yang kita baca dan renungkan akan mampu menciptakan segala sesuatu yang baik, bukan segala sesuatu yang buruk. Karena itu, ketika kita membaca, merenungkan Firman TUHAN pada pagi hari, maka sepanjang hari itu kita harus hidup dalam koridor Firman itu. (rsnh)

Selamat berkarya untuk TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Renungan hari ini: “HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN” (Ibrani 4:16)

  Renungan hari ini:   “HUBUNGAN KITA DENGAN TUHAN”   Ibrani 4:16 (TB2) "Sebab itu, marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri ta...