Jumat, 22 Maret 2019

Renungan hari ini: DALAM KESESAKAN

Renungan hari ini: 

DALAM KESESAKAN



Mazmur 120:1 (TB) "Nyanyian ziarah. Dalam kesesakanku aku berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab aku" 

Psalms 120:1 (NET) "A song of ascents. In my distress I cried out to the Lord and he answered me” 

Dalam kesesakan apa yang selalu dilakukan orang? Pasti berseru minta tolong kepada orang lain agar dirinya diselamatkan. Kita berusaha untuk mendapatkan jalan keluar dari pergumulan dan persoalan yang sedang kita hadapi. Pasti kita semua pernah mengalami yang mengalami yang namanya "pergumulan" atau mengalami hari “kesesakan”. Yang jadi pertanyaanya adalah kepada siapa kita datang saat mengalami pergumulan dan kesesakan itu. Apakah kita berseru kepada TUHAN meminta kekuatan dan pertolongan-Nya ataukah kita meminta kekuatan dan pertolongan kepada orang pintar (baca: dukun) atau orang hebat (baca: penguasa, pejabat) agar kita bisa lepas dari kesesakan kita. 

Pemazmur dalam nas hari ini memberikan contoh kepada kita saat kita mengalami kesesakan hidup. Sejatinya kita harus berseru kepada TUHAN untuk meminta pertolongan TUHAN, dan jangan pernah datang kepada yang lain. Kitab suci berkata dalam Pemazmur, “Apabila orang-orang benar itu berseru-seru maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakanya (Mzm. 34:18). Siapakah yang dimaksud dengan orang-orang benar itu? Orang-orang benar adalah orang yang hidupnya melakukan firman TUHAN dan apa saja yang diperintahkan TUHAN.

Apakah selama ini doa-doakita belum dijawab oleh TUHAN? Bila belum bukannya TUHAN tidak menjawab tetapi TUHAN mau sampai dimana ketekunan kita untuk berseru meminta pertolongan dan perlindunga-Nya dalam kehidupan kita. TUHAN akan menjawab doa yang dengan tekun yang kita panjatkan kepada-Nya. Hal senada juga dicatat dalam kitab Yeremia: " Berserulah kepada-Ku maka Aku akan menjawab engkau " (Yer. 33:3). Kalau pun sampai saat ini doa belum mendapat jawaban terus minta jangan putus asa. Doa orang yang benar, bila dengan yakin di doakan sangat besar kuasaNya (Yak. 5:16b). Itu berarti doa dan permohan kita akan dijawab TUHAN. Pertolongan TUHAN datang tepat pada waktu-Nya. Karena itu, tetaplah percaya dan setia dalam menanti jawaban dari TUHAN. (rsnh)

Selamat berkarya untuk TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Renungan hari ini: “INKLUSIVITAS DAN KASIH ALLAH YANG MELAMPAUI BATAS-BATAS GEOGRAFIS, ETNIS, DAN BUDAYA” (Matius 8:11)

  Renungan hari ini:   “INKLUSIVITAS DAN KASIH ALLAH YANG MELAMPAUI BATAS-BATAS GEOGRAFIS, ETNIS, DAN BUDAYA”   Matius 8:11 (TB) "Aku b...